Assalamua’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh…
Umumnya aplikasi spreadsheat kaya akan formula atau fungsi dan oleh pengguna biasa (seperti saya) disebut dengan rumus ( bukan humus ya….). Sehingga banyak hal yang bisa dilakukan jika seorang user ( kalau tidak salah juga disebut operator ) bisa menguasai fungsi-fungsi tersebut.
Masih berkisar Microsoft Office 2010 tutorial, dan fokus pembahasan kali ini adalah SUMPRODUCT pada MS Excel 2010 dan fungsinya.
Apa itu SUMPRODUCT ?
SUMPRODUCT adalah suatu fungsi yang bersifat penjumlahan dan perkalian untuk mendapatkan nilai tertentu.
Apa syarat-syaratnya sehingga bisa menggunakan rumus SUMPRODUCT?
Perhatikan bentuk tabel dibawah ini :
Bagaimana notasi formula SUMPRODUCT?
=sumproduct(array1, array2)
Array adalah cell-cell atau range area atau wilayah yang diarsir sebagai target perhitungan
Contoh SUMPRODUCT seperti apa?
Cara mendapatkan array nya bagaimana?
Eh…. Banyak tanya lagi…, ini kan baru mau dijelaskan. Diam dulu ya….
Begini ceritanya :
Pada Cell F10 (yang backgroundnya warna Maroon) itu :
ketik =sumproduct(
Arsir pada Cell C6 sampai dengan D10 sehingga rumusnya menjadi =sumproduct(C6:D10, (jangan lupa tambahkan koma dibelakangnya)
Arsir lagi pada Cell E6 sampai dengan F10 sehingga rumusnya menjadi =sumproduct(sumproduct(C6:D10,E6:F10 dan tambahkan kurung penutup dibelakangnya sehingga lengkapnya menjadi =SUMPRODUCT(C6:D10,E6:F10)
Selesai sudah
Hasil perhitungan jumlah biaya atau jumlah yang dibayarkan untuk pengadaan barang periode bulan Januari sampai dengan Peberuari 2013 langsung di dapatkan dengan hasil Rp. 814.005.000,00
Bagaimana fungsi SUMPRODUCT menghitungnya?
SUMPRODUCT menghitungnya seperti ini:
=(C6*E6)+(D6*F6)+(C7*E7)+(D7*F7)+(C8*E8)+(D8*F8)+(C9*E9)+(D9*F9)+(C10*E10)+(D10*F10)
Bayangkan jika format seperti ini untuk laporan 1 tahun dengan item hingga menggunakan 25 baris, dan harus bikin rumus satu persatu. Tentu ketelitian dan konsen yang harus tinggi.
Bagaimana cara crosscheck kebenaran perhitungan dengan rumus sumproduct?
Buat tabel lain disampingnya seperti gambar diatas (dalam hal ini pada kolom H sampai dengan J.
Input notasi rumus pada Cell H6 dengan rumus =C6*E6. Copas rumus ini sampai dengan Cell I10.
Pada Cell J6 input rumus =sum(H6:I6) atau bisa menggunakan auto sum, dan copy hingga Cell J10
Input rumus pada Cell C6 dengan rumus =sum(c6:C10), copy hingga pada Cell J10
Hasilnya adalah Rp. 814.005.000,00
Nah… bagaimana dengan Anda?
Semoga mudah untuk dipahami, dan Microsoft Excel 2010 tutorial mengucapkan selamat berlatih, semoga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kinerja.
Salam