Pada Microsoft Excel khusus- nya Microsoft Excel 2010 terdapat fasilitas penyaringan atau menyaring data yang disebut filter data dan berfungsi untuk mengelompok kan data sesuai dengan beragam kelompok data yang ada. Untuk itu, sebagai pengolah data seorang operator komputer perlu mengetahui fasilitas yang satu ini, apalagi jumlah data yang diolah cukup banyak. Sama seperti pada Microsoft office lainnya, fungsi filter pada Microsoft excel 2010 bertujuan untuk melakukan penyaringan data atau menyaring data dengan kriteria tertentu baik satu kriteria maupun beberapa kriteria. Dalam konidisi default adalah semua kriteria (all).
Arahkan kursor mouse anda pada menu Sort & Filter seperti gambar diatas atau disebelah kanan, kemudian klik dan pilih Filter. Hasilnya seperti gambat dibawah ini.
Setelah mengklik button filter ( dropdown) maka akan kelihatan seperti gambar dibawah ini.
Karena pada contoh gambar diatas pengelompok- kan datanya berdasarkan alamat 2 maka secara otomatis semua yang tampil mengacu pada alamat kota yang sama yaitu Mempawah. Ini hanyalah salah satu contoh. Anda dapat melakukan uji coba sendiri. Hasil dari pengelompokan ini dapat langsung dicetak.
Untuk membebaskan tabel anda dari filter, anda dapat langsung mengklik filter kembali. Artinya, jika belum aktif filter data jika diklik (diaktifkan) maka filter data menjadi aktif, tetapi jika diklik ulang maka filter datanya akan non aktif.
Karena pada contoh gambar diatas pengelompok- kan datanya berdasarkan alamat 2 maka secara otomatis semua yang tampil mengacu pada alamat kota yang sama yaitu Mempawah. Ini hanyalah salah satu contoh. Anda dapat melakukan uji coba sendiri. Hasil dari pengelompokan ini dapat langsung dicetak.
Untuk membebaskan tabel anda dari filter, anda dapat langsung mengklik filter kembali. Artinya, jika belum aktif filter data jika diklik (diaktifkan) maka filter data menjadi aktif, tetapi jika diklik ulang maka filter datanya akan non aktif.