Berikut ini saya mencoba memaparkan bagaimana setting Navigation Pane pada Microsoft Word 2010.
1. Mengaktifkan Navigation Pane.
Untuk mendapatkan navigasi sesuai dengan keinginan user, selanjutnya memilih layout atau tampilan lembar kerja dan untuk itu klik pada layout ( jenis tampilan untuk dapat memilih navigasa sesuai dengan level)
Pada menu ribbon, Pilih View - Pilih Navigation Pane dan tandai (Centang.)
2. Memilih layout atau tampilan
Untuk mendapat navigasi sesuai dengan keinginan user, selanjutnya memilih layout atau tampilan lembar kerja dan untuk itu klik pada layout ( jenis tampilan untuk dapat memilih navigasa sesuai dengan level)
Dengan merubah tampilan/layout maka secara cepat tampilan lembar kerja pada MS Word 2010 berubah seperti gambar dibawah ini.
3. Setting Tingkatan atau level pada bagian tertentu dari ketikan dengan memilih level seperti gambar dibawah ini
Level tersebut pada gambar menunjukkan tingkatan dari navigasi yang akan dibuat. Ringkasannya dapat digambarkan seperti diagram dibawah ini.
Untuk body teks adalah ketikan standar yaitu bagian tulisan yang tidak diformat untuk navigasi.
Fungsi ini mirip dengan fungsi Find yang juga dapat mempercepat proses pencarian pada lembar kerja, hanya saja pada Navigation Pane ini lebih sistematis.
Lihat : Find dan go to pada MS Word 2010 .
4. Menentukan bagian ketikan atau point tertentu dari lembar kerja sebagai navigasi
Pada gambar diatas bagian lembar kerja masih utuh karena belum dibentuk navigasi dan hal itu ditandai dengan tanda bullet (berbentuk bundar berwarna hitam) disetiap paragraph.
Dan pada gambar dibawah ini sudah ditentukan navigasi dari lembar kerja dengan menentukan kalimat “membuat tabel blog dengan MS Word” sebagai navigasi dengan level1 sehingga pada bagian panel navigasinya muncul semacam tombol yang berwarna kuning dengan tulisan “membuat tabel blog dengan MS Word”. Tombol ini jika diklik akan langsung menuju pada kalimat atau kata yang dimaksud.
5. Menentukan Level2 (tingkatan dibawah Level1)
Gambar diatas adalah menentukan level2 sebagai sub dari level1 sehingga kelihatan tingkatannya dibawah level1. Anda dapat menentukan navigasi level2 ini sesuai dengan kebutuhan dari lembar kerja Anda. Sebaiknya dalam membuat navigasi ini mempertimbangkan bagian-bagian penting dari point-point dari lembar kerja serta kemudahan dalam menampilkan bagian lembar kerja pada media screen (layar monitor) Anda
Contoh berikutnya seperti gambar dibawah ini .
Hasil pencarian kata atau kalimat dan penggantian atau edit kata atau kalimat tertentu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan fungsi replace pada microsoft word. Tutorial dapat dilihat pada : Apa fungsi replace pada MS WordSetelah menentukan navigasi dari lembar kerja Anda tersebut, dan jika salah satu tombol tersebut Anda klik, maka dengan serta merta Anda akan mendapatkan bagian dari lembar kerja yang dimaksud. Dengan demikian menggunakan navigation pane ini akan mempermudah Anda dalam melakukan editing atau mencari bagian tertentu dari suatu lembar kerja.
Jika lembar kerja Anda berupa proposal tentunya ada bagian-bagian (point-point) pokok, dan tentunya juga ada sub bagian/point. Begitu seperti karya tulis, laporan atau apa sajalah yang bentuknya lembar kerja. Cara ini cukup efektif untuk mempercepat proses kerja Anda.
Untuk keluar dari format/setting Outline Anda dapat mengklik button/tombol Close Outline seperti gambar dibawah ini.
Tampilan setelah Close tampak seperti gambar dibawah ini
Pada contoh diatas, ketika diklik pada “Membuat nomor urut”, maka lembar kerja langsung pada halaman 4.
Catatan: Contoh yang saya lampirkan menggunakan Microsoft Word 2010.
Jumlah download :
Selamat mencoba